Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

TABIAT MANUSIA BERDASARKAN WAKTU KELAHIRAN

TABIAT MANUSIA BERDASARKAN HARI KELAHIRAN

Dalam perhitungan primbon dikatakan bahwa setiap hari memiliki watak atau tabiat yang berbeda. Berdasarkan penyataan itu maka dipastikan manusia yang memiliki hari kelahiran berbeda secara otomatis juga memiliki tabiat yang berbeda. Untuk menjelaskan masalah watak manusia berdasarkan hari kelahiran maka perhatikan penjelasan di bawah ini.

Minggu
Manusia yang dilahirkan pada hari Minggu maka tabiatnya dipengaruhi oleh peredaran matahari sehingga bertabiat mampu sebagai penunjuk, pekerja keras, ikhlas hati, segi kebahasaan sangat menonjol, berwibawa, dan memiliki rasa kasih yang besar.

Senin
Manusia yang dilahirkan pada hari Senin maka tabiatnya dipengaruhi oleh peredaran bulan sehingga memiliki tabiat ikhlas hati, memiliki skill atau kemampuan yang mumpuni, penegak kebenaran dan keadilan, serta gaya bicaranya lugas.

Selasa
Manusia yang dilahirkan pada hari Selasa maka tabiatnya dipengaruhi oleh peredaran api sehingga tabiatnya pemboros, suka berdusta, tidak mudah bergaul, dan cepat bosan dengan pekerjaannya.

Rabu
Manusia yang dilahirkan pada hari Rabu maka tabiatnya dipengaruhi oleh peredaran bumi sehingga memiliki tabiat berani menanggung risiko, sangat baik terhadap orang lain, lugas dan tegas dalam perkataan dan perbuatan, dan berkecukupan.

Kamis
Manusia yang dilahirkan pada hari Kamis maka tabiatnya dipengaruhi angin dan petir sehingga tabiatnya gaya bicara meledak-ledak, sulit bergaul, tidak ikhlas, jodohnya sering meninggal dahulu, temperamental, mudah tersanjung, dan gampang ditipu dengan kehalusan kata dan kehalusan tingkah laku seseorang.

Jumat
Manusia yang dilahirkan pada hari Jumat maka tabiatnya dipengaruhi oleh peredaran bintang sehingga memiliki tabiat suka berderma, halus budinya, melarat, tempat berkeluh kesah, ikhlas hati, intelektualitas tinggi, cinta keluarga, dan mudah bergaul.

Sabtu
Manusia yang dilahirkan di hari Sabtu maka tabiatnya dipengaruhi oleh peredaran air sehingga memiliki tabiat pekerja keras, banyak musuh, sulit bergaul, banyak jalan atau akal untuk bertahan hidup, dan cekatan.

TABIAT MANUSIA BERDASARKAN KELAHIRAN SIANG/MALAM


Perhitungan lain yang digunakan dalam untuk mengetahui tabiat manusia adalah dengan cara mengetahui waktu kelahirannya siang/malam. Yang menentukan adalah waktunya, sedangkan siang dan malamnya tidak terlalu berpengaruh. Untuk lebih jelasnya maka lihat keterangan di bawah ini.

Minggu pukul 2 siang/malam
Manusia yang terlahir pada hari Minggu pukul 2 siang/malam maka memiliki sifat “Pandhita Sabdaning Nyata” atau diterjemahkan jika bertindak akan selalu berpihak pada jalan kebenaran.

Senin pukul 2 siang/malam
Manusia yang terlahir pada hari Senin pukul 2 siang/malam maka memiliki sifat “Dora” atau memiliki sifat yang tidak jujur.

Selasa pukul 1 siang/malam
Manusia yang terlahir pada hari Selasa pukul 1 siang/malam maka memiliki sifat “Malaikat Ngambil Nyawa” atau sifat akan menderita sakit dan tidak panjang umur.

Rabu pukul 2 siang/malam
Manusia yang terlahir pada hari Rabu pukul 2 siang/malam maka memiliki sifat “Ratu” atau sifat akan mendapatkan kemuliaan dan kebahagiaan hidup.

Kamis pukul 2 siang/malam
Manusia yang terlahir pada hari Kamis pukul 2 siang/malam maka memiliki sifat “Bangsa Pangasihan” atau sifat memiliki cinta dan kasih sayang yang besar.

Jumat pukul 2 siang/malam
Manusia yang terlahir pada hari Jumat pukul 2 siang/malam maka memiliki sifat “Bangsa Pelenyokan ” atau sifat suka menyeleweng dan sedikit kasih sayang.

Sabtu pukul 1 siang/malam
Manusia yang terlahir pada hari Sabtu pukul 1 siang/malam maka memiliki sifat “Malaikat Ngambil Nyawa” atau akan menderita sakit dan tidak panjang umur.

TABIAT MANUSIA BERDASARKAN HARI PASARAN


Perhitungan lain yang dikenal masyarakat Jawa untuk mengenali sifat orang, yaitu berdasarkan hari pasaran ketika dilahirkan. Dalam perhitungan ini juga dijelaskan mengenai binantang peliharaan yang cocok untuk masing-masing hari pasaran. Untuk lebih jelasnya maka perhatikan uraian di bawah ini.

Kliwon

Seseorang yang dilahirkan pada hari pasaran Kliwon maka memiliki sifat“Wisa Marta Durjana”. Penjelasan dari sifat tersebut, yaitu memiliki sifat yang kompleks karena bisa baik bisa buruk, pandai berbicara, dan pemaaf.
Binatang peliharaan yang cocok adalah monyet dan anjing.

Legi

Seseorang yang dilahirkan pada hari pasaran Legi maka memiliki sifat“Sumedhi”. Penjelasan dari sifat tersebut adalah jujur, ikhlas, bijak, cerdas, dan suka mengadakan perjamuan untuk orang lain.
Binatang peliharaan yang cocok adalah kucing, tikus, atau hamster.

Pahing

Seseorang yang dilahirkan pada hari pasaran Pahing maka memiliki sifat“Chendana”. Penjelasan sifat tersebut, yaitu memiliki sifat memiliki keinginan atau cita-cita yang tinggi, pandai menyimpan maksud, dan suka dengan hal-hal baru.
Binatang peliharaan yang cocok adalah harimau dan kucing.

Pon

Seseorang yang dilahirkan pada hari pasaran Pon maka memiliki sifat“Somahita”. Penjelasannya adalah memiliki sifat mudah marah, pemberani, berbudi halus, dan bijak.
Binatang peliharaan yang cocok adalah kambing atau biri-biri.

Wage

Seseorang yang dilahirkan pada hari pasaran Wage maka memiliki sifat“Prabuanom”. Penjelasannya adalah memiliki belum stabil, pemarah, seenaknya sendiri, sombong, dan teguh pendirian.
Binatang peliharaan yang cocok adalah sapi atau lembu.

TABIAT MANUSIA BERDASARKAN HARI DAN HARI PASARAN


Perhitungan lain yang dikenal dalam masyarakat untuk mengenali watak seseorang adalah dengan mengenali hari dan hari pasaran pada saat lahir. Untuk lebih jelasnya maka perhatikan penjelasan berikut ini.

Minggu

Minggu Kliwon: orang yang dilahirkan pada Minggu Kliwon memiliki tabiat memiliki banyak cita-cita dan keinginan dan cenderung pemboros.


Minggu Legi: orang yang dilahirkan pada Minggu Legi memiliki tabiat memiliki banyak kelebihan, tetapi tidak bisa memanfaatkannya sebagai sebuah peluang. Tabiat lainnya adalah kecenderungan untuk selingkuh, dan mudah lupa dengan sesuatu.


Minggu Pahing: orang yang dilahirkan pada Minggu Pahing memiliki tabiat cerdas dan banyak akal, perasa, dan terlihat sombong.


Minggu Pon: orang yang dilahirkan pada Minggu Pon memiliki tabiat pandai memanfaatkan dan menyimpan harta benda.


Minggu Wage: orang yang dilahirkan pada Minggu Wage memiliki tabiat ambisi yang besar, sedikit tidak baik, dan pemberani.

Senin

Senin Kliwon: orang yang dilahirkan pada Senin Kliwon memiliki tabiat nakal pada saat muda, namun tua akan menjadi baik. Tabiat lainnya tenang cara pikir dan tindakannya.


Senin Legi: orang yang dilahirkan pada Senin Legi memiliki tabiat tenang dalam pikiran dan tindakan, tekun bekerja, tidak muluk-muluk, dan pendiam.


Senin Pahing: orang yang dilahirkan pada Senin Pahing memiliki tabiat tamak, kemampuan kerja cukup memadai, pekerja keras.


Senin Pon: orang yang dilahirkan pada Senin Pon memiliki tabiat halus budi dan tutur katanya, pandai mengambil hati, dan pintar mencari rezeki halal.


Senin Wage: orang yang dilahirkan pada Senin Wage memiliki tabiat baik hati, teguh pada pendapat, kurang pandai, dan pemberani.

Selasa

Selasa Kliwon : orang yang dilahirkan pada Selasa Kliwon memiliki tabiat yang unik sebab bisa cerdas sekali, namun bisa dungu sekali.


Selasa Legi : orang yang dilahirkan pada Selasa Legi memiliki tabiat oportunis, berpikiran baik, dan pendiam.


Selasa Pahing : orang yang dilahirkan pada Selasa Pahing memiliki tabiat yang malas, pemalu, teguh pendirian, dan setia pada pasangannya.


Selasa Pon : orang yang dilahirkan pada Selasa Pon memiliki tabiat suka membesar-besarkan masalah, kurang cerdas, dan setia pada pasangannya.
Selasa Wage: orang yang dilahirkan pada Selasa Wage memiliki tabiat sulit diatur, sulit dinasihati, dan pandai menyimpan harta benda pribadi.

Rabu

Rabu Kliwon: orang yang dilahirkan pada Rabu Kliwon memiliki tabiat agak jail, pandai berbicara, dan pikiran selalu tertuju pada lawan jenis.


Rabu Legi: orang yang dilahirkan pada Rabu Legi memiliki tabiat sederhana, suka berderma, dan selalu berpikir positif.


Rabu Pahing: orang yang dilahirkan pada Rabu Pahing memiliki tabiat keras kepala, senang disanjung, angkuh, tidak mau disaingi, dan mudah mendapatkan teman baru.


Rabu Pon: orang yang dilahirkan pada Rabu Pon memiliki tabiat pekerja keras, setia pada pasangan, hemat, dan pemikir ulung.


Rabu Wage: orang yang dilahirkan pada Rabu Wage memiliki tabiat tekun dalam karier, memiliki kemampaun cukup, dan sedikit tidak baik.

Kamis

Kamis Kliwon: orang yang dilahirkan pada Kamis Kliwon maka memiliki tabiat pekerja keras dan memiliki kemampaun yang cukup dalam pekerjaan.


Kamis Legi: orang yang dilahirkan pada Kamis Legi memiliki tabiat suka permusuhan, tidak hormat, dan memiliki kecedasan yang tinggi.


Kamis Paing: orang yang dilahirkan pada Kamis Paing memiliki tabiat pekerja keras, kemampuan berpikir biasa saja, dan pendiam.


Kamis Pon: orang yang dilahirkan pada Kamis Pon memiliki tabiat sombong, pikirannya membingungkan, hemat, dan pendiam.


Kamis Wage: orang yang dilahirkan pada Kamis Wage memiliki tabiat keras, bertanggung jawab, dan tahan terhadap penderitaan.

Jumat

Jumat Kliwon: orang yang dilahirkan pada Jumat Kliwon memiliki tabiat jika pria pendiam, tetapi jika seorang wanita cerewet.


Jumat Lagi: orang yang dilahirkan pada Jumat Legi memiliki tabiat sering merasakan kecewa, hati merasa kekurangan terus, dan teguh pada penderian yang diyakininya benar.


Jumat Pahing: orang yang dilahirkan pada Jumat Pahing memiliki tabiat sifat unik sebab jika cerdas akan sangat cerdas, namun jika bodoh akan bodoh sekali, tabiat lainnya, yaitu pendiam, tenang, dan santai.


Jumat Pon: orang yang dilahirkan pada Jumat Pon memiliki tabiat banyak akal, sulit bergaul, dan pendiam.

Sabtu

Sabtu Kliwon: orang yang dilahirkan pada Sabtu Kliwon memiliki tabiat suka menutupi kekurangan diri sendiri, malas kerja, dan pelupa. Akan tetapi, jika menekuni sesuatu akan bertanggung jawab dan bersungguh-sungguh.


Sabtu Lagi: orang yang dilahirkan pada Sabtu Legi memiliki tabiat teguh mempertahankan apa yang diyakininya, deermawan, dan pandai mencari sumber rezeki.


Sabtu Pahing: orang yang dilahirkan pada Sabtu Pahing memiliki tabiat penyimpan rahasia yang baik, pandai mencari penghasilan, berpikir kurang cerdas, dan mudah memercayai orang lain.


Sabtu Pon: orang yang dilahirkan pada Sabtu Pon memiliki tabiat cerdas dalam bidang teknik dan pandai mencari uang.


Sabtu Wage: orang yang dilahirkan pada Sabtu Wage memiliki tabiat pemarah, mudah memaafkan, dan pelupa.

close