Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Keutamaan Bismillah

Keutamaan Bismillah

Para ulama' sepakat bahwa disunnahkan membaca bismillah sebelum melakukan segala aktivitas yang positif (baik), pendapat tersebut didasarkan pada hadis sahih riwayat Abu Hurairoh, dari nabi Muhammad SAW, beliau bersabda: Segala aktivitas baik yang tidak dimulai dengan Bismillah maka akan terputus (kurang berkah atau tidak berkah).

Diriwayatkan bahwa kitab yang diturunkan dari langit ke bumi jumlahnya 104 kitab, Suhuf nabi Sis 60, Suhuf nabi Ibrahim 30, Suhuf nabi musa 10 sebelum taurat dan taurat, injil, zabur dan Al Quran.

Dan kesemua makna kitab tersebut di kumpulkan pada Al quran dan makna Al quran dikumpulkan pada surat Al fatihah dan makna Surat Al fatihah dikumpulkan pada bismillah, dan makna bismillah di kumpulkan pada huruf ba' nya bismillah, Yang mana arti ba' tersebut adalah:
Sebab aku, terjadilah apa yang telah terjadi, dan sebab aku pula terjadilah apa yang akan terjadi.

Diriwayatkan bahwa ketika ayat bismillah turun Arsy bergetar, dan malaikat zabaniyah berkata "Orang yang membaca bismillah tidak akan masuk neraka". Bismillah terdiri dari 19 huruf sesuai jumlah malaikat yang diberi hak atas neraka (penjaga neraka)

Diriwayatkan dari Jabir Ra. Bahwasanya Rasulullah bersabda: Ketika bismillah turun awan berlari ke arah timur, angin berhenti bertiup, lautan berombak besar, Binatang-binatang mendengarkan tuhan, dan setan-setan dirajam dari langit, dan Tuhan bersumpah : "tidaklah disebut namaku pada orang yang sakit kecuali ia akan sembuh, dan tidaklah disebut namaku pada sesuatu kecuali sesuatu tersebut akan diberkahi"

Ibnu Mas'ud berkata: Barangsiapa yang ingin diselamatkan Allah dari malaikat zabaniyah yang jumlahnya ada 19 maka hendaklah ia memperbanyak bacaan Bismillah, ada 19 huruf pada bismillah yang masing-masing huruf menjadi penyelamat dari masing-masing malaikat zabaniyah. dan barang siapa yang memperbanyak dzikir bismillah maka ia akan diberi rezeki berupa kemuliaan di langit dan bumi. dan sebab bismillah pula berdirilah kerajaan nabi Sulaiman bin Daud, dan barangsiapa yang menulis bismillah 100 kali kemudian dibawa maka ia akan diberi rezeki berupa kewibawaan dalam hati.

Diriwayatkan dari Abdullah bin 'Umar Ra. beliau bersabda : Barang siapa yang mempunyai hajat kepada Allah Swt. maka hendaklah ia berpuasa di hari Rabu, kamis dan jumat, mandilah di hari jumat dan berangkatlah ke masjid dan bersedekahlah dengan sesuatu (sedikit atau banyak), dan ketika selesai sholat jumat bacalah doa berikut : 
اللهم إني أسألك بإسمك الرحمن الرحيم, الله لا إله إلا هو الحي القيوم... sampai akhir ayat 
الذي عنت له الوجوه و خشعت له الأصوات ووجلت القلوب من خشيته , أسألك أن تصلي علي سيدنا محمد وعلي آله وصحبه وسلم , وأن تقضي حاجتي هكذا ....... Sebutkan hajatnya

Kemudian beliau perpesan: Janganlah kalian semua mengajari orang-orang bodoh diantara kalian, maka sebagian mereka akan berdoa buruk untuk sebagian yang lainnya, dan doa tersebut akan di kabulkan seketika.

Syekh Abu abbas ahmad bin Ali Al buni dalam kitabnya menjelaskan bahwa ketika turun ayat bismillah tersebut penduduk langit merasa sangat bahagia, Begitu agungnya bismillah tersebut hingga saat turun dikawal oleh para malaikat yang tidak terhitung jumlahnya.

Bismillah adalah ayat yang ditulis pada keningnya nabi Adam 500 tahun sebelum ia diciptakan, bismillah adalah ayat yang ditulis pada sayap malaikat jibril ketika ia turun menyelamatkan nabi ibrahim ketika dibakar, Jibril berucap:
بسم الله يَا نَارُ كُونِي بَرْدًا وَسَلَامًا عَلَى إِبْرَاهِيمَ

Bismillah juga tertulis pada tongkat nabi musa dalam bahasa suryani, jika bukan sebab itu maka tidak mungkin lautan terbelah oleh tongkatnya. Bismillah juga ayat yang ada pada lisannya nabi isa ketika ia berbicara diusia balita dan dengan membaca bismillah pula nabi isa menghidupkan orang mati. Bismillah juga tertulis pada cincin nabi sulaiman as. termasuk kekhususan bismillah bahwa ia tertulis disetiap permulaan surat Al Quran. 

Berikut adalah beberapa keutamaan bismillah 

1. Menarik kebaikan dan menolak keburukan, termasuk untuk menarik pembeli 

Caranya dengan membaca bismillah tersebut sesuai bilangan hurufnya, dengan perhitungan Abajadun, yaitu 786 kali selama 7 hari berturut-turut.

2. Menolak bala', terhindar dari mati mendadak dan selamat dari pencuri 

Barangsiapa yang membaca bismillah 21 kali sebelum tidur maka ia akan aman dari godaan syaitan, aman dari pencuri, selamat dari mati mendadak dan menolak segala macam bala'.

3. Menggertak orang jahat (petak jibril)

Barang siapa yang membaca bismillah 50 kali saat menghadapi penjahat maka Allah akan menghinakan penjahat tersebut, dan Allah akan menampakkan kewibawaan orang tersebut pada hati si penjahat sehingga ia pun segan, dan diselamatkan dari kejahatan- kejahatannya.

4. Menarik rezeki 

Barangsiapa yang membaca bismillah sebanyak 300 kali pada saat terbitnya matahari sembari menghadap arah matahari, dan ditambah bacaan sholawat 300 kali, maka Allah akan memberinya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka, dan tidak sampai setahun ia akan menjadi orang yang benar-benar kaya raya.

5. untuk mahabbah dan kecerdasan

Barangsiapa yang membaca bismillah pada segelas air sebanyak 786 kali, kemudian air tersebut disiramkan pada siapapun yang di inginkan, maka orang tersebut akan benar-benar jatuh cinta padanya.

Dan jika air tersebut diminumkan pada orang/anak yang bebal saat terbitnya matahari selama 7 hari maka bebalnya akan hilang dan ia akan menjadi orang yang sangat cerdas hinggga mampu menghafal apasaja yang ia dengar.

6. Agar turun hujan pada suatu tempat

Barangsiapa yang membaca bismillah tersebut sebanyak 61 kali disaat turun hujan dengan niat agar turun hujan pada suatu tempat tertentu, maka Allah akan menurunkan hujan pada tempat tersebut.

7. Membuka mata batin dan mengetahui alam gaib

Barangsiapa yang membaca bismillah sebanyak 2500 kali setelah sholat subuh dengan niat yang benar dan hati yang khusyuk selama 40 hari maka Allah akan memberkatinya dengan rahasia-rahasia ghaib, dan dia akan melihat segala sesuatu yang terjadi pada alam semesta lewat mimpi.

Dan semua itu dengan syarat riyadhoh, orang tersebut akan melihat keajaiban-keajaiban yang terjadi. dan hendaknya ia merahasiakan apa yang dilihatnya agar bisa mengambil manfaat dari penglihatannya itu.
close