Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Amalan malam jumat


Hari jumat adalah hari yang diutamakan dan lebih dimuliakan dari hari-hari lain, hari jumat juga disebut Sayyidul ayyam yang artinya penghulu hari-hari yang lain.

Ada 5 peristiwa penting yang terjadi pada hari jumat

  1. Allah menciptakan nabi Adam pada hari jumat
  2. Allah menurunkan nabi Adam ke bumi pada hari jumat
  3. Dan di hari jumat pula nabi Adam wafat.
  4. Di hari jumat ada waktu yang mustajabah, dimana Allah tidak akan menolak doa seorang hamba pada waktu itu. kecuali permintaan dosa dan memutus kekerabatan (silaturrahmi)
  5. Di hari jumat pula kiamat terjadi.
Mengutip ucapan Syekh hisyam kabbani bahwa hari jumat punya hawa spiritual yang kental dibanding hari-hari lain. oleh karenanya kita dianjurkan memperbanyak amalan-amalan sunnah.

Berikut adalah 7 amalan malam jumat dan siangnya:


1. Membaca surat Al kahfi, baik pada malam jumat atau pada siang harinya. Barang siapa yang mengamalkannya maka Allah akan meneranginya sampai hari jumat berikutnya.

2. Membaca surat Al munafiqun, atau surat Al jumu'ah, atau surat Al a'la, atau surat Al ghoshiyyah, atau bagian ayat dari surat tersebut saat sholat (Setelah baca fatihah) sebagaimana yang sudah Rasulullah amalkan.

3. Membaca surat Ad dukhan dan surat yasin dimalam jumat. Barang siapa yang mengamalkannya maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.

4. Memperbanyak bacaan shalawat kepada nabi (yang di anjurkan Syekh hisyam kabbani) dan doa.

5. Berangkat sholat jumat lebih Awal, semakin Awal seorang muslim berangkat sholat jumat maka semakin besar pula pahalanya. 

6. Membaca surat Al kafirun dan Al ikhlas saat sholat magrib (Setelah bacaan fatihah)

7. Mencuci, memotong kuku, memakai parfum dan mengenakan pakaian terbaik.

close