Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Amalan ilmu hikmah kebatinan


Ilmu hikmah adalah ilmunya ahli ibadah dan ahli dzikir, hikmah sendiri berarti pemahaman yang mendalam, oleh karenanya ilmu hikmah sangat sulit dijelaskan bahkan oleh pemilik ilmu itu sendiri.

Tidak heran jika sebagian orang ada yang meragukannya dan menyebutnya tahayul, manusia cenderung menolak segala sesuatu yang sulit mereka fahami, namun pada saat bersamaan mereka juga tertarik dengan apa yang belum mereka ketahui.

Menjelaskan ilmu hikmah itu seperti mendeskripsikan rasa manis pada makanan, sudah tidak ada lagi kata dan bahasa yang lebih luas atau lebih spesifik dari kata Manis itu sendiri.

Sepertihalnya manisnya buah mangga, biar diceritakan dan dijelaskan segamblang apapun kita tetap tidak akan pernah bisa memahami hakekat manisnya mangga, kecuali kita merasakannya sendiri.

Dalam kitab Mambau Ushulul hikmah karya Abu Abbas Ali Al buni beliau menulis bahwa barangsiapa yang membaca bait jaljalut kubro berikut sebanyak 88 kali setiap selesai sholat subuh maka ia akan menjadi ahli hikmah Dan ahlul kasyaf (mengetahui apa yang tidak diketahui orang pada umumnya) Dan ia akan dijaga oleh Allah dari kejahatan manusia.

Berikut adalah syair jaljalut yang di maksud:

ﻭﺻﺐ ﻋﻠﻰ ﻗﻠﺒﻰ ﺷﺂﺑﻴﺐ ﺭﺣﻤﺔ
ﺑﺤﻜﻤﺔ ﻣﻮﻻﻧﺎ ﺍﻟﺤﻜﻴﻢ ﻓﺄﺣﻜﻤﺖ

Wa Shubba 'ala qolbi sya aabiba rohmatin
Bihikmati maulanal hakimi fa ahkamat
close