Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Ampuh Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Apakah kamu ingin mengetahui cara ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya? Kali ini kita akan membahas cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang bisa kamu lakukan. Pastikan kamu tidak melewatkan informasi penting untuk mengatasi masalah jerawat ini.


Penyebab Munculnya Jerawat

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara menghilangkan jerawat? Maka, penting untuk mengetahui penyebab yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Hal ini penting untuk diketahui, supaya kamu bisa menghindari hal-hal tersebut.

Beberapa penyebab yang bisa menyebabkan munculnya jerawat, sebagai berikut:

1. Produksi Sebum Berlebih

Sebum adalah kelenjar minyak yang terdapat pada kulit. Jika kelenjar ini diproduksi secara berlebihan, maka akan menyebabkan munculnya jerawat pada kulit kamu. Sebum berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap lembab.

Sebum dalam jumlah normal akan naik ke permukaan kulit melalui pori-pori untuk membantu menjaga kelembaban kulit kamu. Jika diproduksi secara berlebihan, maka akan menyebabkan munculnya jerawat.

2. Penumpukan Sel Kulit Mati

Penyebab lain dari munculnya jerawat adalah penumpukan sel kulit mati. Sel kulit mati yang menumpuk dapat menyumbat pori-pori kulit kamu. Nah, hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat.

Setiap sel kulit akan melakukan pergantian, tetapi pada seseorang yang memiliki kulit berminyak prosesnya akan mudah terganggu. Hal ini disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang berlebihan yang bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat.

3. Hormon

Hormon juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Perubahan hormon androgen dapat menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Hormon ini dapat memicu munculnya minyak berlebih sehingga bisa menyebabkan jerawat.

Pada wanita, biasanya kemunculan jerawat bisa terjadi saat menstruasi. Hal ini karena perubahan hormon yang meningkat sehingga jerawat pun bermunculan. Selain itu, bisa juga disebabkan karena penderita sindrom ovarium polikistik dan kehamilan.

4. Stress

Penyebab jerawat lainnya adalah karena stress yang berlebih. Meskipun, stress tidak menyebabkan tumbuhnya jerawat secara langsung, tetapi dapat mempengaruhi tubuh. Stres dapat membuat tubuh menghasilkan androgen secara berlebihan.

Androgen dapat merangsang kelenjar minyak yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Pastikan kamu belajar untuk mengelola stres supaya tidak mengganggu kesehatan kulit kamu. Hindari mengonsumsi alcohol, rokok, dan makanan yang berlebih supaya kamu cepat pulih.

5. Faktor Genetik

Penyebab munculnya jerawat bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Meskipun, hal ini jarang terjadi, namun bisa menjadi pemicu munculnya jerawat. Genetik ini mempengaruhi pertumbuhan jerawat yang tidak dapat terkendali.

Biasanya faktor genetik dapat menimbulkan jenis jerawat yang parah, misalnya jerawat nodul dan jerawat postula. Sehingga, kamu harus lebih memperhatikan kesehatan kulit kamu supaya tidak memproduksi minyak secara berlebihan.

6. Cuaca

Cuaca dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Salah satunya bisa terjadi saat musim hujan. Hal ini bisa menyebabkan lingkungan kamu menjadi lembab yang bisa menyebabkan munculnya kulit berjerawat.

Lingkungan lembab menyebabkan keringat lebih cepat bercampur dengan sel kulit mati dan kotoran. Tidak hanya musim hujan, musim panas pun bisa menyebabkan kulit berjerawat karena memicu keringat berlebihan.

Sehingga penting sekali untuk menggunakan skincare untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Pastikan, juga kamu rajin mencuci wajah supaya kotoran tidak mudah menempel.

Cara Mencegah Munculnya Jerawat

Apabila kamu sering beraktivitas di luar rumah, maka penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Hal ini penting untuk mencegah munculnya jerawat. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya jerawat, sebagai berikut:

1. Rajin Membersihkan Wajah dan Badan

Pastikan kamu rajin membersihkan wajah dengan menggunakan skincare yang cocok untuk kulit wajah. Jangan lupa untuk memilih jenis skincare yang sesuai supaya bisa mengatasi jerawat di wajah kamu. 

Hal paling penting adalah rajinlah untuk membersihkan diri setelah melakukan aktivitas di luar rumah. Mandi menjadi suatu aktivitas yang wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan diri dan badan. Jangan malas mandi, supaya kulit kamu sehat dan bersih.

2. Hadapi Stres dengan baik

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya jerawat adalah menghindari stress. Jika stress terjadi, pastikan kamu bisa menanganinya dengan baik. Lakukan aktivitas yang bisa membuat stress kamu berkurang.

Tenangkan diri dengan baik, misalnya kamu bisa melakukan meditasi, yoga, dan menenangkan diri sambil berlibur. Lakukan hal-hal yang bisa membuat hati kamu senang dan bahagia. Hindari memikirkan hal-hal yang membuat stress bertambah dan bisa membuat hati kamu tidak tenang.

3. Hindari Penggunaan Pakaian yang Ketat

Usahakan untuk menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Hal ini bisa membantu kamu untuk mencegah keringat yang terlalu berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan kulit kamu berjerawat. Pastikan kamu mengenakan pakaian yang longgar supaya keringat dapat terserap dengan baik.

Pakaian yang longgar bisa membantu mengatur sirkulasi di badan sehingga tidak terjadi penyumbatan pori-pori. Jika pori-pori tersumbat oleh kelenjar minyak, maka bisa menyebabkan jerawat.

4. Pola Makan yang Sehat

Supaya menghilangkan jerawat batu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang sehat. Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung minyak. Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi. 

Konsumsi makanan yang memiliki protein tinggi dan tidak menyebabkan minyak berlebih dalam tubuh. Perbanyak konsumsi sayur dan buah sehingga kulit kamu menjadi sehat dan bersih.

5. Pilih Kosmetik atau Skincare untuk kulit Berjerawat

Silakan memilih menggunakan skincare wajah yang sesuai untuk kulit berjerawat. Hal ini penting karena kulit menjadi lebih sensitif sehingga penting untuk memilih perawatan wajah yang  tepat dan sesuai dengan jenis kulit kamu.

Penggunaan kosmetik juga harus diperhatikan. Kamu harus menggunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit. Jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan bersih saat setelah menggunakan kosmetik.

Cara ini akan membantu kamu untuk menjaga kulit wajah supaya tetap sehat dan terhindar dari kotoran yang bisa memicu munculnya jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Jika kamu memiliki kulit wajah yang berjerawat, maka kamu harus lebih berhati-hati dalam merawatnya. Pastikan kamu mengetahui cara alami menghilangkan jerawat. Beberapa cara ampuh untuk menghilangkan jerawat, sebagai berikut:

1. Cuci Wajah Secara Teratur

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yaitu dengan rajin mencuci wajah. Pastikan kamu mencuci wajah setelah melakukan aktivitas. Gunakan sabun yang aman dan cocok untuk jenis kulit kamu.

2. Kompres dengan Es

Selanjutnya, kamu bisa mengompres wajah dengan es. Kamu bisa mengurangi pembengkakan pada jerawat dengan menggunakan cara ini. Silakan bungkus es batu dengan handuk dan kompres selama 10 menit.

3. Gunakan Obat Jerawat dengan Petunjuk Dokter

Apabila jerawat kamu parah, silakan untuk berobat ke dokter. Kamu bisa mendapatkan obat sesuai dengan kebutuhan kamu. Gunakan obat yang diresepkan oleh dokter tersebut dengan benar. Tapi, pastikan obat tersebut sudah diresepkan oleh dokter.

4. Kompres Air Hangat

Apabila jerawat kamu terasa sakit, kamu bisa mengatasinya dengan kompres air hangat. Rendam kain dengan air hangat yang bersih. Lalu, gunakan untuk mengompres jerawat kamu. Cara ini bisa membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

5. Gunakan Masker Alami

Cara ampuh menghilangkan jerawat yang bisa kamu lakukan yaitu dengan cara alami. Kamu bisa membuat masker alami dari daun teh dan lidah buaya. Masker ini akan membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya. Meskipun, memerlukan proses yang lama.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang bisa  dilakukan. Pastikan kamu memperhatikan kesehatan kulit kamu supaya terhindar dari jerawat. Yuk, perhatikan kesehatan kulit kamu dan rawat dengan baik.