Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Efektif


Ada banyak orang mencari tahu cara mengobati sakit gigi berlubang. Pencarian terkait ini sebenarnya merupakan hal normal. Itu karena gigi berlubang memiliki rasa sakit yang sangat tinggi. Memang kondisi ini tidak selalu terjadi. 

Pada beberapa kondisi, gigi berlubang sering kali tidak terasa sakit. Biasanya ini disebabkan karena lubangnya belum mencapai saraf yang terdapat pada gusi. Jika sakit sudah terasa, itu membuktikan jika saraf sudah terkena.

Perlu diingat, akan berbahaya jika sakit gigi berlubang terus dibiarkan. Itu karena, kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas. Pada beberapa kasus, orang yang merasakan sakit ini lebih mudah marah. Ini jelas akan berbahaya jika dilakukan tidak pada tempatnya.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Cara mengobati sakit gigi yang berlubang sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Itu karena, pengobatan yang perlu dilakukan terbilang simpel.

Seseorang bisa mengobatinya dengan cara yang mudah dilakukan. Jika Anda ingin mengetahui lebih jelas, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

Obat Pereda

Cara mengobati sakit gigi berlubang pertama adalah dengan menggunakan obat pereda nyeri. Obat semacam ini banyak di jual di apotik. Keberadaannya sediri cukup efektif. Hanya dalam beberapa menit, nyeri akibat sakit gigi berlubang bisa berkurang secara drastis.

Namun jangan gunakan obat pereda nyeri ini terlalu sering. Akan lebih baik apabila penggunaannya dilakukan pada jam-jam penting. Itu karena terdapat efek buruk jika penggunaannya berlebihan.

Kompres

Dibandingkan menggunakan obat pereda nyeri terlalu sering, akan lebih baik jika mencoba untuk mengompresnya. Cara mengobati sakit gigi berlubang ini sangat efektif.

Selalu ingat untuk menggunakan kompres dingin. Untuk membuatnya, bungkuslah es batu dengan menggunakan handuk. Setelah itu, tempelkan es batu tersebut ke bagian wajah yang di dalamnya terasa sakit.

Ketika kompres dingin dilakukan, pembuluh darah yang ada di area gigi berlubang akan menyempit. Kondisi inilah yang akan membuat nyeri berkurang.

Posisi Kepala

Cara selanjutnya yang cukup efektif dalam meredakan sakit gigi berlubang adalah mengubah posisi kepala saat tidur. Normalnya, rasa sakit pada gigi berlubang semakin parah ketika menjelang tidur.

Ini terjadi karena terjadi penumpukan darah di area kepala. Oleh sebab itu, cobalah mengubah posisi bantal agar posisi kepala bisa lebih tinggi.

Cara ini akan membuat darah di kepala kembali mengalir ke badan. Hal tersebut akan membuat rasa sakit yang sebelumnya muncul menjadi berkurang.

Salep

Ada beberapa salep yang memang dijual untuk meredakan sakit akibat gigi berlubang. Tentu keberadaan salep-salep tersebut sangat bisa dijadikan opsi.

Namun pilihlah salep terbaik untuk prosesnya. Jika bisa carilah salep yang memiliki bahan dasar benzokain. Perlu diketahui, bahan dasar ini bisa menyebabkan efek mati rasa. Hal tersebut membuat rasa nyeri akibat gigi berlubang mereda.

Air Garam

Cara mengobati sakit gigi berlubang selanjutnya adalah dengan menggunakan air garam. Tentu pemanfaatannya dilakukan dengan menggunakannya untuk kumur-kumur.

Di dalam air garam terdapat kandungan anti bakteri. Kandungan tersebut efektif mengatasi peradangan sehingga rasa nyeri pada gigi menurun.

Sebenarnya air garam juga bisa mengatasi munculnya infeksi pada gigi berlubang. Hal ini membuat keberadaannya bisa memperkecil kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Teh

Mengisap kantong teh bisa menjadi cara lain yang bisa dilakukan. Namun kantong teh yang dipilih tidak boleh sembarangan. Pastikan untuk mengisap kantong teh peppermint. Di dalam peppermint terdapat senyawa anti bakteri, anti oksidan, hingga menthol. 

Senyawa-senyawa tersebut memiliki efek yang sangat positif. Itu karena keberadaannya mampu memberikan efek mati rasa ringan di daerah sensitif. Ini membuat nyeri akibat gigi berlubang akan mereda.

Cengkih

Cara mengobati sakit gigi berlubang selanjutnya adalah dengan memakai cengkih. Cengkih ini terbilang cukup efektif. Itu karena di dalam cengkih terdapat sebuah kandungan bernama eugenol.

Walaupun tidak terlalu populer, eugenol memiliki banyak efek baik. Salah satunya adalah untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang. Pernah ada suatu uji klinis yang dilakukan pada tahun 2015 terkait hal ini. Hasilnya eugenol cukup efektif dalam meredakan nyeri di area gusi.

Bawang Putih

Cara mengobati sakit gigi berlubang terakhir adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih sendiri memang terkenal memiliki berbagai manfaat.

Senyawa utama dalam bawang putih bernama Allicin. Senyawa tersebut memiliki efek anti bakteri. Efeknya sendiri cukup kuat. Efek tersebut akan membuat bakteri-bakteri pada gigi berlubang menurun drastis. Dengan bakteri yang hilang, sakitnya tentu akan menurun.

Berikut Gejala Saat Gigi Berlubang

Cara mengobati sakit gigi berlubang sangat penting untuk diketahui. Itu karena, sakitnya begitu luar biasa. Selain itu, sakit ini biasanya tidak datang sendiri. Keberadaannya dibarengi dengan beberapa gejala yang akan membuat tidak nyaman. 

Salah satunya adalah perubahan gigi menjadi lebih sensitif. Ini jelas merugikan karena konsumsi minuman dingin tidak akan bisa dilakukan. Selain itu gigi berlubang juga membuat aktivitas menggigit terasa tidak nyaman.

Itu karena setiap kali menggigit rasa sakitnya akan muncul. Bahkan terdapat kondisi-kondisi dimana rasa sakit tersebut muncul secara tiba-tiba. Jangan lupakan juga rasa ngilu yang sering kali muncul. 

Bagi beberapa orang, rasa ngilu ini bahkan terasa lebih menyiksa dibandingkan rasa sakit itu sendiri. Hal terakhir yang bisa membuat tidak nyaman adalah noda yang sering kali muncul pada permukaan gigi. Noda-noda ini akan membuat mulut terasa terganggu.

Cara Mencegah Masalah Gigi Berlubang

Cara mengobati sakit gigi berlubang memang penting. Namun selain mengobati, upaya pencegahan juga perlu dilakukan. Dengan melakukan upaya pencegahan, kemungkinan terjadinya gigi berlubang bisa dihindari. Oleh sebab itu, berikut upaya pencegahannya.

Kurangi Ngemil

Upaya pencegahan pertama adalah dengan mengurangi kebiasaan ngemil. Ngemil ini sebenarnya masih boleh dilakukan. Hanya saja, merupakan kesalahan besar apabila aktivitas ini dilakukan terus menerus.

Kurangi Makanan Manis

Selanjutnya adalah mengurangi makanan manis. Bisa dikatakan, makanan manis adalah penyebab utama dari gigi berlubang. Selain makanan manis, makanan asam juga perlu dikurangi.

Sikat Gigi

Beberapa orang memiliki kebiasaan buruk yaitu malas menyikat gigi. Jika Anda termasuk, lupakanlah kebiasaan buruk tersebut. rutinlah menyikat gigi agar gigi berlubang tidak dialami.

Sela-sela Gigi

Walaupun rutin menyikat gigi, beberapa orang sering lupa membersihkan sela-sela gigi. Jika bisa, lakukanlah pembersihan ini setiap hari. Pembersihannya sendiri cukup mudah karena bisa dilakukan dengan memakai benang.

Periksa ke Dokter

Melakukan pemeriksaan ke dokter secara rutin adalah aktivitas yang jarang sekali dilakukan orang Indonesia. Padahal aktivitas ini bisa dibilang sangat bermanfaat. Dengan rutin periksa ke dokter, kemungkinan masalah yang lebih besar bisa dihindari.

Komplikasi yang Mungkin Dialami Saat Gigi Berlubang

Jika cara mengobati sakit gigi berlubang tidak diupayakan, ada kemungkinan komplikasi yang akan dialami. Komplikasinya sendiri terbilang tidak nyaman. Salah satunya adalah pembengkakan pada gusi. 

Beberapa orang bahkan menemui gusinya mengeluarkan nanah. Lebih parah lagi, abses gigi bisa saja terjadi. Abses gigi sendiri memunculkan kemungkinan terjadinya penyakit berbahaya seperti sepsis.

Pastikan untuk rutin membersihkan gigi agar kesehatannya terjaga dan kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan mengecil. Jangan lupa juga untuk menjalankan cara mengobati sakit gigi berlubang di atas secara konsisten.



Keyword: cara mengobati sakit gigi berlubang

Deskripsi : Cara mengobati sakit gigi berlubang sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa tips yang bisa dijalankan untuk mengatasinya.

close