Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Cepat Tanpa Ribet


Di jaman yang serba cepat, Anda juga perlu mengetahui cara mengobati asam lambung dengan cepat. Sebab jika tidak, aktivitas akan terganggu karena asam lambung. Anda tidak akan mood mengerjakan apapun.

Asam lambung atau dikenal juga sebagai GERD (gastroesophageal reflux disease) merupakan penyakit yang menyebabkan sensasi terbakar di dada. Hal ini dikarenakan asam lambung naik ke kerongkongan.

Sebab, asam lambung yang diproduksi terlalu berlebih dalam tubuh menyebabkan aliran balik. Meski sering dianggap tidak berbahaya, nyatanya jika tidak ditangani dengan benar akan menimbulkan komplikasi. 

Selain itu, efek membakarnya sangat menyiksa. Sehingga, dibutuhkan cara mengobati asam lambung dengan cepat. Penderita penyakit ini biasanya muncul 2 kali dalam seminggu, atau bis lebih jika kondisinya buruk. 

Penyakit ini dapat dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak, sehingga Anda harus berhati-hati. Tetap lakukan tindakan pencegahan agar penyakit ini tidak menyerang Anda.

Bagaimana Gejala yang Muncul Saat Asam Lambung?

Penyakit satu ini termasuk ke dalam penyakit yang memiliki gejala khas. Sehingga penderitanya bisa langsung tahu jika ia asam lambungnya sedang kumat. 

Tapi, bagi yang baru pertama kali terserang asam lambung, biasanya mereka akan panik. Sebab, gejalanya hampir sama dengan jantung koroner tapi tidak mematikan.

Meski demikian, tetap saja Anda butuh cara mengobati asam lambung dengan cepat. Berikut adalah gejala asam lambung yang paling umum terjadi:

1. Heartburn atau dada terasa panas merupakan gejala umum saat Anda mengalami asam lambung. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa saat asam lambung akan menimbulkan sensasi membakar.

2. Mulut terasa asam dan kerongkongan terasa panas. Rasa asam tersebut diakibatkan oleh asam lambung.

3. Terjadinya regurgitasi atau kondisi mual hingga ingin muntah. Perut juga terasa tidak nyaman hingga nyeri.

4. Penderita juga akan mengalami kesulitan saat menelan, Anda akan cenderung memuntahkan makananan yang masuk. Oleh sebab itu perlu cara mengobati asam lambung dengan cepat atau konsultasi ke dokter.

5. Dispepsia merupakan kondisi saat perut terasa tidak nyaman karena adanya gangguan pencernaan. Tandanya adalah perut terasa kembung, mual, sering buang angin dan sering bersendawa.

6. Tidak jarang penderita juga akan mengalami sesak napas. Bahkan, pada beberapa penderita dampaknya sangat parah.

7. Batuk kering karena tenggorokan terasa panas dan kering juga sering terjadi.

8. Tubuh terasa lemas karena kondisi yang memburuk. Biasanya disertai dengan kenaikan suhu tubuh.

9. Diare karena buruknya kondisi saluran pencernaan juga sering terjadi pada beberapa pasien. Hal ini mengharuskan Anda tahu cara mengobati asam lambung dengan cepat.

Untuk gejala jangka panjangnya bisa menyebabkan masalah gizi, defisiensi vitamin, mineral, dan masalah pencernaan lainnya.

Apa Saja Penyebab Naiknya Asam Lambung?

Penyebab asam lambung cukup banyak, bahkan sebagian besarnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Terutama pola makan buruk dan jenis makanan yang sering dikonsumsi.

Penyebab pertama adalah dari pola makan yang tidak teratur. Meski menjadi kebutuhan pokok sebagai makhluk hidup, masih banyak orang yang mengabaikan makan. Padahal, manfaatnya untuk tubuh sangat besar.

Lambung terus bekerja untuk melumat makanan yang masuk. Jika lambung dibiarkan terus kosong, maka produksi asam lambung akan meningkat. Pada kondisi ini Anda butuh cara mengobati asam lambung dengan cepat.

Gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi penyebab asam lambung. Beberapa gaya hidup yang tidak sehat di antaranya adalah terlalu sering minum kopi, minum minuman bersoda, alkohol, dan rokok.

Minuman-minuman di atas dapat memicu asam lambung secara signifikan. Penyebab lainnya adalah karena konsumsi makanan tertentu dalam jumlah tidak terkendali. Misalnya adalah makanan terlalu pedas dan terlalu asam.

Telat makan dan teralu kekenyangan saat makan juga dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung. Selalu persiapkan cara mengobati asam lambung dengan cepat agar dapat segera mengatasinya.

Bagi Anda yang mengalami obesitas, kemungkinan menderita asam lambung juga cukup tinggi. Sebab, lemak pada area perut akan menyebabkan tekanan pada area lambung. Sehingga, risiko terjangkitnya lebih tinggi.

Makan atau nyemil sebelum tidur juga menjadi faktor utama penyebab penyakit ini. Apa lagi, Anda langsung tidur setelah makan. Asam lambung bisa meningkat dan menuju kerongkongan.

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Cepat

Untuk cara pengobatan asam lambung atau GERD dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari mengonsumsi obat, jamu, hingga beberapa tindakan sederhana. Untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung secara cepat, simak berikut ini:

1. Mengonsumsi Obat Asam Lambung

Cara pertama untuk mengobati asam lambung secara cepat tentunya adalah dengan menggunakan obat asam lambung. Anda bisa mendapatkan obat ini secara bebas di apotek atau menggunakan resep dokter.

Terdapat beberapa jenis obat yang dapat digunakan sebagai cara mengobati asam lambung dengan tepat dan cepat. Berikut ini adalah masing-masing jenisnya:

  • Antasida merupakan obat untuk menurunkan asam lambung yang dijual bebas di apotek dn toko obat. Salah satu kandungan penting antasida adalah simeticon yang dapat mengeluarkan gas berlebih.
  • H2 receptor blockers yang berguna untuk menghambat sekresi asam lambung berlebih. Sehingga, volumenya akan tetap terkendali.
  • Proton pump inhibitor merupakan cara mengobati asam lambung dengan cepat dan lebih kuat. Contohnya adalah lansopralzole, pantroprazol, dan masih banyak lainnya.
  • Obat yang mampu menguatkan sfingter esofagus bagian bawah.

2. Minum Air Jahe Merah

Jahe merah mengandung zat anti-inflamas yang dapat meringankan peradangan pada lambung. Peradangan ini yang membuat perut nyeri saat asam lambung laik.

Selaian itu, diketahui bahwa dalam jahe merah juga memiliki sifat gastroprotek yang dapat melawan bakteri jahat penyebab asam lambung.

3. Minum Air Kunyit

Kunyit dapat dijadikan solusi untuk cara mengobati asam lambung dengan cepat. Sebab, bahan alami yang sering dijumpai untuk masakan ini mampu menurunkan asam lambung.

4. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Cara sederhana dan cepat dalam mengatasi asam lambung berikutnya adalah dengan mengatur posisi tidur. Posisi yang disarankan adalah dengan posisi kepala lebih tinggi dibandingkan posisi tubuh.

5. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat memudahkan kinerja lambung saat memproses makanan ke tubuh. Hal ini mampu mengatur produksi asam lambung lebih stabil.

Gangguan Kesehatan Akibat Asam Lambung

Jika tidak dilakukan cara mengobati asam lambung dengan cepat dan tepat, asam lambung dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan ini cukup fatal.

Misalnya saja gangguan pada pernafasan akibat asam lambung dari kerongkongan masuk ke tenggorokan, kemudian masuk ke paru-paru. Penyakit yang bisa di rasakan adalah asma, pneumonia, dan sesak napas.

Gangguan kesehatan berikutnya adalah radang kerongkongan. Asam lambung bersifat sangat asam dan bisa menyebabkan iritasi saat menyentuh organ lain, termasuk kerongkongan.

Iritasi tersebut menyebabkan luka hingga radang. Pada kondisi yang lebih parah saat asam lambung terus bergerak menuju kerongkongan, dapat menyebabkan kanker esofagus. Segera lakukan cara mengobati asam lambung dengan tepat.

Esofagus sendiri adalah bagian penghubung antra mulut dan lambung. Bahkan asam lambung dapat merusak kesehatan gigi karena pH di mulut jadi lebih asam. Sifat asam tersebut dapat gigi keropos.

Lambung memang sangat rentan mengalami berbagai masalah, misalnya asam lambung. Apa lagi jika Anda tidak menjaga kesehatannya dengan baik. Oleh sebab itu cari tahu cara mengobati asam lambung dengan cepat.


Keyword: cara mengobati asam lambung dengan cepat.

Deskripsi: Berbagai cara mengobati asam lambung dengan cepat menggunakan obat atau secara alami.