Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Berikut Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami


Banyak orang mencari cara mengobati batuk berdahak secara alami. Pencarian akan hal ini terbilang sebagai hal penting. Itu karena kebanyakan obat batuk yang ada di luar sana sudah tidak alami. Memang obat-obat yang tidak alami tersebut memiliki efek yang sangat cepat.

Namun perlu diingat kalau obat yang tidak alami pasti menimbulkan efek buruk. Efek buruknya sendiri bervariasi mulai dari yang kecil hingga besar. Mulai mencoba menggunakan cara alami sebenarnya tidak sulit. 

Itu karena cara alami ini tidak menuntut Anda untuk mencari hal-hal yang sulit ditemukan. Kebanyakan bahan-bahannya bahkan merupakan bahan rumahan. Anda bisa menemukan bahan-bahan tersebut di dapur.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Ada beberapa cara mengobati batuk berdahak. Tentu Anda bisa menyesuaikan penggunaan cara ini. Pastikan untuk memakai cara yang dirasa paling mudah. Cara yang mudah akan membuat konsistensi menjadi lebih mudah. Oleh sebab itu, berikut beberapa pilihannya.

1. Jahe

Cara mengobati batuk berdahak secara alami pertama adalah dengan menggunakan jahe. Prosesnya sendiri bisa dikatakan cukup mudah dan dapat diaplikasikan.

Anda hanya perlu mencampurkan jahe dengan air hangat. Nantinya campuran itulah yang bisa dikonsumsi secara rutin. Jahe sendiri memang sangat efektif dalam mengatasi batuk berdahak.

Di dalam jahe terdapat kandungan yang memiliki efek antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus. Efek-efek tersebut bisa meredakan masalah iritasi dan peradangan pada tenggorokan. Ini membuat batuk berdahak bisa diselesaikan secara lebih baik.

2. Madu

Cara mengobati batuk berdahak secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Di dalam madu terdapat kandungan bernama demulcent.

Demulcent sendiri memiliki kemampuan untuk membuat lapisan di selaput lendir. Lapisan inilah yang memiliki kemampuan untuk meredakan peredangan dan bisa menjadi penenang.

Selain itu madu juga mengandung zat analgesik. Zat analgesik sendiri memiliki kemampuan untuk meredakan infeksi. Ini membuat batuk berdahak bisa diselesaikan secara lebih baik.

3. Mint

Mint adalah bahan dasar yang memiliki karakteristik segar. Ketika dikonsumsi, rasa dingin akan terasa di tubuh seseorang. Sebenarnya di dalam mint terdapat kandungan bernama menthol. 

Menthol ini memiliki efek antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi. Efek-efek inilah yang bermanfaat untuk meredakan batuk berdahak. Bahkan mint sendiri memiliki sifat analgesik. Sifat inilah yang membuat nyeri saat batuk mereda.

4. Akar Licorice

Cara mengobati batuk berdahak secara alami selanjutnya adalah dengan memakai akar licorice. Jika dibandingkan nama lain di daftar ini, akar licorice terkesan cukup asing.

Itu karena namanya tidak termasuk ke dalam bahan yang mudah ditemukan di dapur. Tetapi ingat, akar licorice sangat efektif dalam mengatasi batuk berdahak.

Licorice memiliki efek ekspektoran. Efek tersebut bisa mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Selain itu licorice juga mengandung demulcent seperti yang dimiliki madu.

5. Air Garam

Air garam juga memiliki kemampuan untuk mengatasi batuk berdahak. Itu karena air garam bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang ada di tenggorokan. Selain itu, dahak yang menggumpal di belakang tenggorokan juga bisa berubah menjadi lebih encer. 

Ini membuat keberadaannya lebih mudah dikeluarkan. Menggunakan air garam sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakannya untuk berkumur-kumur dalam tiga hingga empat kali sehari.

6. Lemon

Cara mengobati batuk berdahak secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Lemon mengandung banyak vitamin C. Nantinya vitamin C ini akan membuat sistem imun pada tubuh meningkat. 

Sistem imun inilah yang membuat infeksi pada saluran pernapasan bisa teratasi. Cara termudah untuk mengonsumsi lemon adalah dengan mencampurkannya bersama madu. Tetapi jika ingin lebih mudah, lemon juga bisa dikonsumsi secara langsung.

7. Kunyit

Cara mengobati batuk berdahak secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit. Di dalam kunyit terdapat satu kandungan bernama curcumin. Curcumin ini memiliki banyak efek baik. 

Salah satunya adalah untuk melawan partikel asing yang berpotensi menyebabkan radang pada tenggorokan. Untuk mengonsumsi kunyit, buatlah bahan ini menjadi bubuk lalu campurkan dengan susu panas. Cara ini membuat rasa kunyitnya tidak terlalu terasa.

8. Bawang Putih

Bawang putih juga perlu dimasukkan ketika mengulas cara mengobati batuk berdahak secara alami. Bahan ini memiliki sifat antimikroba.

Sifat tersebut memiliki kemampuan untuk mengatasi infeksi dan iritasi di tenggorokan. Ini membuat masalah batuk berdahak bisa diselesaikan.

Selain dengan mengonsumsinya, mengobati batuk berdahak juga bisa dilakukan dengan menghirup aromanya. Aroma menyengat dari bawang putih merupakan alternatif alami dalam mengatasi batuk berdahak.

9. Sari Cuka Apel

Sari cuka apel juga bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Bahan ini mengandung asam asetik. Asam asetik ini sendiri memiliki sifat antibakteri sehingga bakteri penyebab batuk berdahak bisa diatasi.

Selain itu, sifat antibakteri ini juga bisa menyelesaikan masalah penggumpalan lendir pada tenggorokan. Hal ini akan membuat tenggorokan terasa lebih lega.

Untuk mengonsumsi sari cuka apel, campurkanlah terlebih dahulu dengan segelas air. Selanjutnya, gunakanlah campuran tersebut untuk kumur-kumur.

10. Makanan Probiotik

Cara mengobati batuk berdahak secara alami terakhir adalah dengan menggunakan probiotik. Probiotik sendiri memang tidak memiliki efek langsung terhadap batuk berdahak.

Hanya saja makanan ini memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem imun pada tubuh. ini membuat masalah-masalah penyebab batuk berdahak bisa diatasi dengan baik.

Untuk Anda yang belum tahu, salah satu makanan probiotik paling pokok adalah susu. Oleh karena itu bisa disimpulkan kalau susu memiliki kemampuan untuk mengatasi batuk berdahak.

Kenali Batuk Berdahak Secara Lebih Jauh

Cara mengobati batuk berdahak sekarang banyak dicari. Itu karena masalah ini sangat sering dialami masyarakat. Namun jika melihat sekarang, banyak orang justru belum begitu mengenal apa itu batuk berdahak secara rinci. 

Perlu diketahui, batuk berdahak adalah respons spontan pada tubuh untuk mengeluarkan lendir pada tenggorokan. Sebenarnya batuk berdahak ini adalah hal yang sangat bermanfaat. 

Jika dibiarkan, penggumpalan lendir di tenggorokan bisa menyebabkan hal lain yang lebih buruk. Oleh sebab itu, beberapa orang menyebut batuk berdahak dengan istilah batuk produktif. Itu karena, keberadaannya bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Batuk Berdahak Biasanya Dibarengi dengan Beberapa Gejala

Normalnya seseorang tidak langsung mencari cara mengobati batuk berdahak secara alami. Pencarian ini biasanya dilakukan ketika gejalanya sudah terasa. Berikut beberapa gejala tersebut.

1. Sakit Tenggorokan

Gejala pertama adalah sakit pada tenggorokan. Kondisi ini terjadi akibat peradangan yang terjadi pada tenggorokan. Hal tersebut membuat batuk terasa semakin mengganggu.

2. Tubuh Menggigil

Nantinya batuk berdahak juga memberikan efek pada tubuh secara menyeluruh. Dalam beberapa kesempatan, tubuh orang dengan batuk berdahak bahkan akan menggigil.

3. Sesak Napas

Dengan penggumpalan lendir yang terjadi, efek terhadap saluran pernapasan akan terasa. Beberapa orang bahkan mengalami sesak napas ketika mengalami batuk berdahak.

Jika Sudah Parah, Segeralah Konsultasi ke Dokter

Batuk berdahak memang terkesan seperti hal sepele. Namun jika dibiarkan, efeknya bisa berbahaya. Terdapat beberapa kasus dimana batuk berdahak sampai mengeluarkan darah.

Ini membuktikan kalau peradangan pada tenggorokan sudah berada pada taraf yang sangat berbahaya. Pada kasus lain, ada juga orang yang sampai mengalami kejang karena masalah ini.

Pastikan untuk menjalankan upaya mengatasi batuk berdahak secara konsisten. Itu karena, cara mengobati batuk berdahak secara alami di atas hanya akan berefek baik apabila penggunaannya dilakukan secara konsisten.


Keyword: cara mengobati batuk berdahak secara alami

Deskripsi : Ada beberapa cara mengobati batuk berdahak secara alami. Penggunaannya sendiri terbilang mudah karena bahannya bisa ditemukan di rumah.