Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Berkata benar dan jangan berdusta

Berkata jujur dan tidak berdusta adalah perilaku yang sangat mulia, orang yang selalu jujur akan dipercaya dan dihormati sesama manusia terlepas agamanya apa, orang-orang bijak dengan kepribadian dan karakter yang kuat selalu dimulai dengan ucapan yang jujur. 

Penulis teringat akan kisah mahabarata, yudistira saudara tertua dari pandawa yang dikenal sebagai pribadi yang bijaksana telah mengambil sumpah untuk tidak berdusta selama hidupnya. begitulah seharusnya kesatria.

Sedangkan berdusta akan menghinakan diri sendiri, tidak dipercaya dan terlebih perilaku itu akan menyeret kita ke neraka.

Terlebih kita sebagai seorang muslim yang mana perintah untuk jujur dan tidak berdusta sudah sangat jelas disabdakan Rasulullah SAW. Dalam riwayat sahih Rasulullah saw. bersabda:

عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا (رواه الشيخان)

Hendaknya kalian berkata jujur, karna kejujuran memandu pada jalan kebaikan dan kebaikan akan memandu ke surga, Jika seseorang berkata jujur dan senantiasa untuk jujur maka Allah akan mencatatnya sebagai orang yang jujur. dan takutlah kalian berkata dusta karna sesungguhnya dusta membawa pada kejahatan dan sesungguhnya kejahatan membawa ke neraka, jika seseorang berkata dusta dan selalu berupaya dusta maka Allah akan mencatatnya sebagai pendusta. (HR. Bukhari dan Muslim)

close