Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

PENAKLUKAN NEGERI SYAM

PELAJARAN KE EMPATBELAS

PENAKLUKAN NEGERI SYAM

1. Sesudah menaklukkan Yarmuk, kemudian Abu, Ubaidah berjalan terus dengan tentaranya ke Damaskus. Sebelum beliau itu, maka Khalid bin Walid telah mendahului ke sana. Dan mengepung Damaskus selama tujuh hari tujuh malam.

2. Pada suatu malam Khalid mendengar ramai-ramai di Damaskus. Maka diketahui olehnya bahwa tentara Damaskus itu mengadakan pesta dengan minum khamar dan mabuk. Karena itu mereka di sana sampai melengahkan pertahanan perangnya.

3. Oleh karena itu maka Khalid segera naik pada dinding kota itu dengan diikuti sebagian pemberani-pemberani kemudian membuka pintu sambil membaca takbir, dan orang-orang Islam terus masuk dengan beramai-ramai membaca takbir pula.

4. Maka sadarlah tentara Rum itu dari mabuknya yang kemudian mereka sama minta berdamai.

5. Karena permintaan mereka itu maka Abu 'Ubaidah lalu berdamai¹ ) dengan mereka dan mengamankannya. Setelah itu beliau mengutus seorang kepada 'Umar r.a. untuk menyampaikan khabar gembira kepadanya dengan penaklukan itu.

6. Setelah itu berjalanlah Abu Ubaidah dengan tentaranyya beserta Khalid bin Walid lalu mereka sama menaklukkan kota Syam hingga sampai ke Anthakiyah.

_______

Latihan

  1. Apakah yang terjadi di Syam sesudah penaklukan Yarmuk?
  2. Apakah yang didengar Khalid ketika mengepung kota Damaskus lalu apakah yang diperbuatnya!
  3. Apakah yang diperbuat oleh tentara Rum setelah tentara Islam masuk Damaskus?
  4. Ceriterakanlah dengan ringkas mengenai penaklukan Damaskus itu!

_________

Catatan 

1) Sebabnya Abu 'Ubaidah berdamai dengan mereka itu karena tentara Rum mengutus seorang utusan kepada beliau yang maksudnya mereka minta aman. Maka beliau mengamankannya. Kemudian beliau beserta mereka masuk ke Damaskus dan di tengah negeri sana lalu berjumpa dengan Khalid. Oleh beliau diberitahukannya perdamaian itu. Dengan demikian maka berakhirlah peperangan itu.

Pena Santri
Pena Santri Penulis lepas