Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

PENAKLUKAN MESIR, ISKANDARIAH DAN LIBIA OLEH KHALIFAH 'UMAR

PELAJARAN KE ENAMBELAS

PENAKLUKAN MESIR, ISKANDARIAH DAN LIBIA OLEH KHALIFAH 'UMAR

PENAKLUKAN MESIR, ISKANDARIAH DAN SHAHRA'

1. Ketika 'Umar berada di negeri Syam, 'Amr bin 'Ash meminta izin kepada beliau akan menaklukkan Mesir. Beliau lalu mengizinkan kepadanya dengan menyertakan tenteranya yang jumlahnya sampai 12.000 orang.

2. Setelah 'Amr bin 'Ash sampai di Mesir, ia mengajak rakyat Mesir untuk masuk Islam atau membayar pajak kepadanya. Tetapi mereka menolaknya. Karena itu lalu dikepunglah mereka itu hingga akhirnya minta berdamai dengan membayar pajak. Permintaan itu diterimanya. Dia lalu menetapkan Muqaukis, raja Mesir sebagai kepala mereka.

3. Setelah itu berjalanlah 'Amr bin 'Ash ke Iskandariah dan mengajak kepada rakyatnya untuk masuk Islam. Tetapi ajakannya ditolak. Oleh karena itu mereka lalu diperangi hingga ditaklukkan negerinya dengan paksa.

4. Kemudian 'Amr bin 'Ash membawa tentaranya ke Shahra' (Libia) hingga sampai ke Bargah lalu ditaklukkannya negeri itu. Dan ditaklukkannya pula Tripoli bagian barat. Dia bermaksud akan menuju ke Tunisia, dan Jazair untuk menyiarkan agama Islam di Afrika seluruhnya. Tetapi maksudnya itu oleh 'Umar dilarangnya. Beliau menyuruh agar berhenti pada batasnya.

_______

Latihan

  1. Apakah yang dilakukan 'Amr bin 'Ash sesudah penaklukan Palestina?
  2. Ceriterakanlah dengan ringkas tentang cara penaklukan Mesir dan Iskandariah serta Shahra' atau Libia?
  3. Mengapa penaklukan itu tidak sampai ke Afrika seluruhnya?

Pena Santri
Pena Santri Penulis lepas