Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kejenuhan Pasar Afiliasi:


 Apa Itu, Bagaimana Ini Mempengaruhi Anda dan Bagaimana Menghindarinya

 Ada kata lain yang bisa menggambarkan sifat kejenuhan pasar dan itu adalah desensitisasi konsumen.  Kedua istilah tersebut adalah berita buruk, terutama jika Anda terlibat dalam pemasaran afiliasi.  Saat ini, pemasaran afiliasi adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan pendapatan online.  Tetapi jika Anda harus menghadapi kejenuhan pasar afiliasi, apakah masih ada gunanya bergabung dengan industri ini?

 Apa itu kejenuhan pasar?

 Kejenuhan pasar, khususnya yang berkaitan dengan pemasaran afiliasi, hanyalah titik dalam kehidupan peluang bisnis ketika permintaan akan produk atau layanan merata dan mulai menurun.  Ini mungkin karena faktor-faktor tertentu, seperti:

 Peningkatan jumlah distributor di area terbatas.  Ini biasanya terjadi jika program afiliasi tidak melakukan kontrol atas distribusi produknya di area tertentu.

 Karena semakin banyak distributor memasuki arena, pasar menjadi dibombardir oleh produk yang sama.  Karena hanya ada begitu banyak orang yang membeli, berlangganan, atau berpartisipasi, tidak akan lama sampai terjadi kejenuhan pasar afiliasi.

 Penurunan permintaan produk dan minat pelanggan.  Ada banyak alasan mengapa permintaan untuk produk afiliasi terjadi tetapi jika itu terjadi karena kejenuhan pasar afiliasi, itu bisa jadi karena pelanggan tidak lagi tertarik dengan kebaruannya.  Hal ini terutama berlaku untuk produk yang berhasil diluncurkan dan diterima karena hype.  Bunga kemudian akan mendatar dan secara bertahap memudar.

 Munculnya produk pesaing di segmen pasar yang sama.  Persaingan dapat melakukan keajaiban untuk bisnis pemasaran afiliasi Anda.  Itu juga dapat mempengaruhinya secara negatif.  Produk afiliasi yang Anda jual sekarang mungkin mendapat respons yang bagus, tetapi jika produk serupa muncul di masa depan yang akan bersaing langsung dengan Anda untuk kehadiran pasar, Anda mungkin akan bersaing ketat.

 Sekarang bayangkan jika 10 atau 15 produk sejenis lainnya muncul di pasaran...

 Menghindari kejenuhan pasar afiliasi

 Meskipun di banyak bidang kejenuhan pasar bisnis tidak dapat dihindari (saksikan kejatuhan banyak program pemasaran multi-level), itu tidak harus menyandera bisnis afiliasi Anda.  Ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan dengan hati-hati sehingga Anda akan tahu bagaimana menghindari peluang yang mungkin tidak menawarkan hasil yang ingin Anda hasilkan.

 Kenali potensi produk dan permintaan pelanggan pertama kali.

 Banyak kesuksesan Anda dalam bisnis pemasaran afiliasi bergantung pada seberapa baik Anda dapat mengenali peluang.  Tidak setiap produk afiliasi memiliki permintaan pasar yang tinggi dan karena itu, tidak dapat dianggap menguntungkan.

 Jumlah pelanggan yang memiliki minat pada produk juga akan berpengaruh.  Jika Anda dapat menemukan cara untuk menyatukan keduanya, Anda akan dapat membidik produk yang memiliki potensi nyata.  Ini biasanya berarti Anda harus fokus menjual ke ceruk pasar.

 Pilih produk dengan permintaan tinggi tetapi area penjualan rendah.

 Untuk menghindari kejenuhan pasar afiliasi, cari produk yang memiliki potensi pasar besar tetapi hanya dijual di area terbatas.  Dengan begitu, Anda akan dapat memanfaatkan penjualan yang lebih tinggi di pihak Anda daripada jika Anda memilih produk yang didistribusikan di ratusan toko lain tidak hanya online tetapi juga offline.

 Temukan cara lain untuk melihatnya.

 Kejenuhan pasar afiliasi tidak harus memiliki implikasi negatif.  Akan jauh lebih mudah untuk menanganinya jika Anda melihatnya sebagai pematangan pasar Anda.  Ini seperti menjual kosmetik.  Ketika Anda pertama kali memulai, pasar utama Anda terdiri dari wanita berusia remaja dan 20-an.  Anda menjual dengan baik dan menikmati bisnis yang cepat dan berulang.

 Satu dekade kemudian, beberapa dari wanita ini sudah berusia 30-an.  Tanggapan terhadap upaya periklanan Anda tidak lagi sama dan Anda mungkin meragukan kemanjurannya.  Jadi apa yang salah?  Sudahkah Anda memenuhi pasar dengan mudah?

 Jika Anda melihat lebih dekat, Anda akan menemukan bahwa pasar memang telah berubah – wanita yang masih sekolah atau baru memulai karir mereka sekarang menjadi wanita karir, ibu atau pemilik bisnis mereka sendiri.  Kebutuhan mereka juga berubah.  Pasar belum menjadi jenuh – pasar hanya berevolusi.  Sebagai penyedia produk dan layanan, sekarang tujuan Anda untuk mendefinisikan kembali bisnis Anda untuk memenuhi kebutuhan pasar yang baru berkembang ini.

 Hal yang sama berlaku dalam pemasaran afiliasi.  Pertimbangkan baik-baik apakah pasar Anda telah berkembang seiring waktu.  Jika ya, cari tahu jenis perubahan apa yang dapat Anda terapkan dalam iklan atau promosi Anda yang akan menarik bagi segmen pasar ini.  Lebih baik lagi, mengapa tidak mencari produk dalam program pemasaran afiliasi lain yang dapat memenuhi persyaratan baru pasar ini?

Pena Santri
Pena Santri Penulis lepas