Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perang Yarmuk Dan Pemecatan Khalid bin Walid

PELAJARAN KE SEBELAS

PERANG YARMUK

1. Ketika Khalid bin Walid sampai di negeri Yarmuk, ketika itu orang-orang Islam hendak bertempur dengan tentara Rum dengan sendiri-sendiri (berpecah-belah). Oleh karena itu beliau lalu berkhutbah yang isinya menerangkan akan akibat orang yang bercerai-berai dan bahwasanya pertolongan Tuhan itu terletak pada persatuan.

2. Orang-orang Islam lalu segera menerima pendapat beliau itu dan menyerahkan pimpinan kepada beliau agar menjadi panglima besar tentara tadi.

3. Dengan demikian lalu beliau mengatur tentara lslam dengan peraturan yang baik, yang, selama itu belum pernah dikenal oleh orang-orang Arab. Setelah itu beliau lalu membawa tentara itu akan menyerang tentara Rum.

4. Tentara Rum segera bangkit dan menyerang yang sangat hebat, yang hampir saja menghancurkan tentara lsiam dari tempat pertahanannya.

5. Olehkarena itu berteriaklah Khalid pada tentaranya dan memberanikan mereka. Kemudian mereka menyerang pada tentara Rum dengan serangan yang dahsyat hingga beliau dapat mengalahkan mereka dan beribu-ribu tentara musuh itu yang terbunuh.

6. Dari pihak tentara Islam yang terbunuh 3000 orang, di antaranya, lkrimah bin Abi Jahl. Di badannya, terdapat luka tidak kurang dari 70 buah karena pukulan pedang, tusukan tombak dan lemparan panah.

7. Di tengah-tengah pertempuran tiba-tiba datanglah surat dari Madinah yang mewartakan atas wafatnya Abu Bakar dan terangkatnya Umar menjadi Khalifah, lalu beliau melepas Khalid dari jabatannya yang diganti oleh Abu Ubaidah. Berita ini dirahasiakan dahulu¹ ) sambil menunggu selesainya pertempuran.

_________

Latihan

  1. Apakah yang dikerjakan Khalid setelah beliau sompai di negeri Yarmuk?
  2. Apakah yang dikerjakan oleh pemimpin tentara Islam setelah mendengar pendapat Khalid?
  3. Apakah yang dikerjakan tentara Rum setelah diserang oleh tentara Islam?
  4. Kemudian dengan apakah Khalid menghadapi mereka untuk menyerang?
  5. Berapakah jumlah korban di Yarmuk?
  6. Siapakah pemimpin Islam yang tersohor yang terbunuh dalam perang itu?
  7. Keputusan apakah yang terjadi ketika tengah pertempuran yang menentukan itu?
__________________

Catatan kaki

1) Surat 'Umar kepada Khalid itu, oleh beliau disimpan saja tidak segera diumumkan. Hal ini untuk menjaga tentara yang lain agar tetap berjuang, karena saat itu sedang terjadi pertempuran.

Surat pemecatan itu dikatakan oleh 'Umar: "Kami tidak melepas Khalid karena sentimen atau khianat, tetapi kami lepas dia karena kami kasihan pada orang-orang karena serbuannya yang keras dan serangannya yang hebat".

Pena Santri
Pena Santri Penulis lepas