Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengangkatan Abu Bakar Ra.

PELAJARAN KE LIMA

PENGANGKATAN ABU BAKAR RA.


1. Sesudah wafatnya Rasulullah s.a.w. lalu para sahabat Anshar berkumpul di sebuah qubbah yang terkenal dengan nama Saqifah (Balai Pertemuan) Bani Sa'idah guna merundingkan siapa yang menduduki kursi kekhilafahan.

2. Kaum Anshar telah bermufakat untuk mengangkat pemim pin mereka yang bernama Sa'ad bin 'Ubadah.

3. Ketika sahabat Muhajirin mengetahui bahwa sahabat Anshar sama berkumpul, mereka lalu segera menuju ke saqifah dan mereka dipimpin oleh Abu Bakar, Umar dan Abu 'Ubaidah.

4. Golongan Anshar lalu berkata kepada kaum Muhajirin: "Dari kita ada seorang pemimpinnya dan dari Tuan pun ada pemimpinnya (Amirnya)" Karena itu lalu timbullah perbantahan mulut antara ke dua golongan itu.

5. Abu Bakar lalu mengucapkan khutbah yang di dalamnya beliau menerangkan tujuan yang terutama mengapa kekhalifahan itu seharusnya dipegang oleh golongan Quraisy. Antara lain beliau berkata:

6. "Kitalah yang jadi Amir (pemimpin) dan golongan saudara-saudara yang jadi wazir (menteri) yakni pembantu. Tidakkah bangsa Arab ini akan beragama melainkan karena adanya kaum Quraisy itu. Agaknya aku telah rela, kalau yang menjadi khalifah itu ialah salah seorang di antara dua orang ini: (yakni Umar bin Khaththab atau Abu 'Ubaidah)".

7. 'Umar lalu bangun dan menenteramkan pertengkaran tadi serta dengan segera menjabat tangan Abu Bakar dan mengangkat beliau jadi Khalifah yang kemudian diikuti oleh orang-orang banyak.

8. Kemudian Abu Bakar masuk Masjid dan dibai'at oleh orang banyak. Sesudah beliau dibai' at lalu berkhutbahlah¹) yang isinya menyuruh mereka agar berpegang teguh dengan agama dan merencanakan politik yang dimaksudkan oleh beliau guna mengatur mereka.

_______________

Latihan

  1. Apakah yang terjadi setelah Rasulullah s.a.w. wafat?
  2. Apakah pendapat sahabat Anshar?
  3. Apakah yang dikerjakan oleh sahabat Muhajirin setelah mengetahui hal yang sedemikian itu?
  4. Kemudian apakah yang diucapkan oleh Abu Bakar kepada mereka semuanya itu?
  5. Apakah yang dikerjakan oleh Umar ketika mengetahui hal itu? (Setelah Abu Bakar khutbah).

_______________

Catatan kaki

1) Di antara khut bah beliau itu ialah: Hai orang-orang banyak! Saudara-saudara telah menjadikan aku sebagai Khalifah memimpinmu tetapi bukankah aku ini sebaik-baik orang di antara kamu semua. Oleh karena itu jika aku berlaku baik, maka ikutilah aku dan kalau aku berlaku serong, maka lempangkanlah aku. Benar itu adalah dapat dipercaya dan berdusta itu adalah cedera (khianat). Orang-orang yang lemah di antara kamu semua itu, bagi saya adalah orang yang kuat sehingga kuberikan hak-hak kepadanya. Dan orang-orang yang kuat di antara kamu semua itu, bagi saya adalah orang yang lemah, sehingga akan kuberikan kepadanya hak-haknya. Insya Allah (kalau Tuhan menghendaki). Jangan ada di antara kamu semua yang akan meninggalkan berjuang, karena sesungguhnya sesuatu golongan itu tidak akan meninggalkannya, kecuali Allah menjadikan mereka itu hina. Taatlah padaku selagi aku masih taat pada Allah dan RasulNya. Maka bilamana aku berlaku ma'siat kepada Allah, janganlah kamu semua tunduk taat kepadaku. Kerjakanlah sembahyangmu! niscaya Allah akan mengasihi kamu.

Pena Santri
Pena Santri Penulis lepas