Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Padang Mahsyar adalah tempat berkumpulnya mahluk setelah hari kiamat

PENGGIRINGAN PARA MAKHLUK KE PADANG MAHSYAR

Diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa orang-orang kafir digiring ke padang Mahsyar dengan berjalan kaki, sedangkan orang-orang mukmin digiring dengan menaiki hewan qurban mereka. Allah SWT. berfirman:

يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِينَ إِلَى الرَّحْمَنِ وَفْدًا * وَنَسُوقُ الْمُجْرِمِينَ إِلَى جَهَنَّمَ وِرْدًا

YAUMA NAHSYURUL MUTTAQIINA ILAR-RAHMAANI WAFDAA. WA NASUUQUL MUJRIMIINA ILAA. JAHANNAMA WIRDAA.

"Pada suatu hari kami kumpulkan orang-orang yang bertaqwa menghadap kepada Dzat Yang Maha Pemurah dengan berkendaraan. Dan kami giring orang-orang yang berdosa ke neraka Jahanam dengan berjalan" (QS. Maryam: 85-86).

Ali Karramallaahu wajhah berkata: Orang-orang yang beriman digiring pada hari kiamat dengan mengendarai qurban-qurban mereka. Allah SWT. berfirman pada saat itu; "Hai para Malaikat-Ku, janganlah kalian giring mereka hamba-hamba-Ku dengan berjalan kaki. Akan tetapi naikkanlah mereka para qurban-qurban mereka, karena sesungguhnya mereka terbiasa naik sewaktu di dunia. 

Pada awalnya tulang rusuk ayah mereka adalah tunggangan mereka. Setelah itu mereka naik pada perut ibu mereka selama sembilan bulan, maka ketika ibunya melahirkan mereka, mereka berada pada pangkuan ibunya selama dua tahun mereka menaikinya. 

Setelah mereka beranjak dewasa mereka menaiki leher (bahu) ayah mereka, kemudian menunggang kuda, keledai dan khimar di daratan dan naik perahu di lautan.  Dan ketika mereka mati, mereka menunggangi leher (bahu) saudara-saudara mereka. 

Untuk itu ketika mereka bangkit dari kubur jangan biarkan mereka berjalan kaki, sesungguhnya mereka terbiasa berkendaraan dan mereka tidak kuasa berjalan, maka berikanlah pada mereka kendaraan yaitu hewan qurban mereka dan naikkanlah mereka pada qurban-qurban mereka menghadap kepada Allah Azza wajalla." Berkenaan dengan hal itu Rasulullah Saw. bersabda:

عظموا أضحاياكم فإنها يوم القيامة مطایاكم أي مراكبكم

"AZHZHIMUU ADHHAAYAAKUM FA-INNAHAA YAUMAL QIYAAMATI MATHAAYAAKUM AY MARAAKIBUKUM.

"Agungkanlah (perbanyaklah) menyembelih hewan qurban oleh kalian, maka sesungguhnya pada hari kiamat dia akan menjadi tunggangan (kendaraan) kalian."

Pena Santri
Pena Santri Penulis lepas