Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 Tips Menyimpan Uang Paling Aman

Apa anda masih menyimpan uang di lemari atau pakaian?, atau di bawah bantal dan kasur?. Tidak hanya berisiko hilang dicuri orang, bahkan juga bisa kebakaran, kebanjiran, di makan rayap, diambil tuyul, dan yang paling sadis adalah di embat istri.

Sampai detik ini bank menjadi salah satu tempat menyimpan uang paling aman. dan anda juga memiliki banyak keuntungan dan peluang yang besar.

Misalnya mengajukan pinjaman ke bank, sarana menerima bantuan dari pemerintah seperti BANSOS, BLT,UMKM termasuk asuransi dan sebagainya.

Tetapi demikian, anda tetap harus waspada. Karena, ada saja penjahat ataupun maling yang dapat membobol tabungan di bank. dengan modus dan trik yang beragam.

Silahkan, simak panduan aman dan nyaman menaruh duit di bank ini supaya anda tidak kehilangan.

1. Sering-sering cek saldo tabungan

Bila telah memiliki rekening, maka rajin- rajinlah mengecek saldo tabungan anda. Idealnya seminggu sekali. atau bahkan anda bisa mengecek saldo tiap hari kalau anda mendaftar mobile banking atau internet banking, atau bisa juga SMS banking

2. memilih bank terpercaya

Sebelum membuka rekening tabungan, ada baiknya anda memilih bank yang mempunyai kredibilitas yang baik, tidak pernah ada kasus dan sejarah kelam. dalam hal ini kami sarankan anda memilih bank BUMN.

Hindari menyimpan uang di bank daerah, pastikan diawasi oleh OJK dan lembaga penjamin keuangan.

3. Simpan uang anda di sebagian rekening yang berbeda

Bisa satu bank 2 rekening atau 2 bank dengan masing-masing rekening. seperti kata pepatah "jangan menaruh telur anda pada satu ranjang" karena kalau terjadi musibah maka akan pecah semua.

Misalnya tabungan untuk kebutuhan sehari-hari di bank mandiri, tabungan untuk hari tua di bank BRI, untuk kredit rumah di bank BNI.

4. Pakai PIN berbeda

Usahakan tiap-tiap ATM menggunakan PIN yang berbeda dan mudah diingat namun sulit untuk ditebak orang lain,  jangan beritahu siapapun sekalipun mengatasnamakan pihak bank.

5. Rahasiakan informasi akun perbankan anda

Rahasiakan data-data individu perbankan kalian, semacam User ID, email, kata sandi atau password, no PIN ATM ataupun kartu kredit, kode OTP, serta data yang lain. yang lebih penting lagi jangan sekali-kali mempublikasikan no hp anda, baik di media social, google map dan sebagainya.

6. Jangan menginstal aplikasi sembarangan

Berdasarkan pengalaman kami, ada beberapa Aplikasi di playstore yang tujuannya mengambil informasi kita dari ponsel. hal ini jika memang anda pengguna mobile banking.

7. Hindari mengambil uang di sembarang tempat

Misalnya BRI link yang jauh dari tempat tinggal anda, atau anda tidak mengenalnya, termasuk mesin ATM, usahakan hanya menggunakan 1 mesin ATM saja. seperti kasus-kasus yang sudah terjadi, para hacker memasang chip pembaca pin pada mesin ATM.

8. Berhati hati dalam bertransaksi

Poin ke 8 ini murni kesalahan anda sendiri, pastikan tiap kali transfer anda memasukkan nomor rekening yang benar dan sudah sesuai dengan nama pemilik rekening.

Pena Santri
Pena Santri Penulis lepas