Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara mengamankan akun Facebook dari pembobolan

Akhir-akhir ini sering sekali teman-teman yang mengeluh karena akun Facebook nya tidak bisa dibuka, tapi bisa berjalan sendiri seperti membagikan postingan, tautan, dan ngetag teman-temannya.

Disini penulis akan berbagi beberapa tips agar Facebook teman-teman aman dari peretasan dari segala bentuk kejahatan.

Ada beberapa sebab akun kita tidak bisa dibuka atau di akses:

1. Lupa password
Tidak jarang pemula yang masih gaptek dalam dunia virtual, karena alasan itu mereka punya banyak akun. Karena ketidaktahuannya mereka selalu membuat akun baru ketika akun lama tidak bisa dibuka.

Solusi: sebenarnya solusinya cukup mudah, kita tinggal klik lupa password maka nanti kita akan dikirim link oleh Facebook lewat nomer hp, atau lewat email kalau memang kita daftar pakai email. Berikutnya tinggal klik link tersebut dan kita akan diarahkan pada halaman untuk membuat password baru.

2. Kehilangan nomor hp atau tidak bisa akses email karena lupa password nya. 

Solusi: buatlah Facebook dengan memverifikasinya dengan email dan nomor hp, agar lebih aman jika kita kehilangan akses salahsatunya.

3. Kena phising, singkatnya phising adalah jebakan yang mengelabuhi kita agar mau memasukkan email/nomor hp dengan pasword facebook kita. Nah.. faktor ketiga inilah yang paling sering dialami teman-teman.

Biasanya diiming-imingi video asusila yang kemudian link tersebut mengarah pada pishing. Orang yang gaptek akan mudah tertipu, dikira setelah memasukkan email dan password Facebook dia akan bisa mengakses video/konten yang diiming-imingkan tersebut.

Berikut adalah contoh phising yang didesain mirip halaman login/masuk Facebook tapi sebenarnya palsu, dalam beberapa kasus phising tidak harus sama persis seperti itu, tapi karena kurangnya literasi tentang phising dan kurang hati-hatinya pengguna Facebook akan mudah dikelabuhi
Setelah kena phising akun kita akan berjalan sendiri sesuai kehendak pemilik phising tersebut.

Solusi: kenali URL didalam kotak merah diatas, URL facebook yang benar adalah:

https://free.facebook.com (tampilan FB free)
https://m.facebook.com (tampilan browser hp)
https://www.facebook.com (tampilan desktop)


Selain URL diatas bisa dipastikan itu phising (palsu), jangan sekali-kali memasukkan imail/no hp dan password Facebook kita.

Sejauh ini menurut saya belum ada orang yang bisa membobol Facebook, kecuali keteledoran pemilik akun itu tersendiri, yang kemudian dimanfaatkan oleh pelaku. 

4. Akun kita di report/laporkan ke tim Facebook, biasanya dilaporkan sebagai akun palsu. Dan hal ini biasanya direspon oleh tim Facebook dengan menutup akun kita sementara, dan kita diminta memberikan indentitas kita (KTP/SIM/PASPORT)

Solusi: jangan menggunakan nama yang aneh untuk akun Facebook kita (nama yang tidak lazim) atau kalau ingin benar-benar aman gunakan nama sesuai KTP, tidak harus keseluruhan cukup nama depan atau belakang atau nama panggilan saja. Jangan lupa sesuaikan juga tanggal kelahirannya.

Hal ini bertujuan agar ketika ada orang yang tidak suka dengan kita lalu me report akun kita, dan kita disuruh unggah KTP oleh tim Facebook. Kalau NAMA & TANGGAL LAHIR sesuai dengan KTP maka akun kita akan dibuka kembali.

Tips-tips mengamankan akun Facebook:

  1. Verifikasi Akun Facebook dengan Email, dan pastikan anda ingat betul Email dan sandi email tersebut.
  2. Gunakan Gmail, karena Email dari google lebih profesional, dan tingkat keamanan yang sangat baik.
  3. Jangan gunakan Yahoo mail, karena beberapa akun Yahoo punya kadaluarsa kalau lama tidak pernah dibuka. Khususnya Yahoo lama
  4. Verifikasi juga dengan no HP, pastikan nomor tersebut nomor utama anda. 
  5. Gunakan nama dan tanggal lahir sesuai KTP 

Demikian tips singkat dari kami agar akun Facebook kita tetap aman dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.




Pena Santri
Pena Santri Penulis lepas

Berlangganan via Email