Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara memperbaiki regulator yang bermasalah saat dipasang

Memasang regulator pada tabung gas memang pekerjaan sepele yang umumnya dilakukan ibu-ibu rumah tangga, tapi tidak jarang kita dibuatnya kesal, apalagi habisnya gas tersebut ditengah-tengah saat kita sedang memasak, pasalnya tidak semua tabung gas cocok dengan suatu regulator.

Tapi anda tidak perlu khawatir atau terburu-buru membeli regulator baru atau mengganti tabung gas, apalagi sampai memanggil tukang servis. Seringkali masalah-masalah seperti ini cukup dengan penanganan sederhana dan perubahan-perubahan kecil pada bagian tertentu.


Ada beberapa kasus/sebab dalam hal ini yang akan penulis bahas satu-persatu, adakalanya problemnya berada pada regulator ada kalanya juga tabung gasnya yang bermasalah.

1. Regulator terpasang dengan baik, jarum jam juga menunjukkan bahwa gas sudah mengalir, tapi saat kompor dinyalakan tidak keluar api, juga tidak ada tanda-tanda bahwa gas keluar dari tungku kompor

Solusi masalah:
Cari kayu atau sebagainya, pukul bagian ujung selang dekat regulator, mukulnya 2-3 kali berturut-turut secara cepat tapi tidak perlu kencang-kencang, tujuannya memberi getaran antara selang dan regulator.

2. Regulator terpasang dengan baik, tapi jarum jam menunjukkan gas belum keluar/jalan, dan ketika kompor dinyalakan ternyata gasnya memang tidak keluar. Biasanya hal ini terjadi karna  jarum regulator tidak sampai menekan jarum tabung gas, ada beberapa sebab dalam kasus ini:
  • karet tabung gas terlalu tinggi 
Solusi masalah:
iris/potong sedikit karetnya atau ganti karet yang lain.

  • leher tabung gasnya yang agak tinggi, beberapa tabung gas ada yang seperti itu memang.
Solusi masalah:
Ganjal jarumnya tabung gas tersebut, bisa dengan potongan kayu lidi atau yang lain asal jangan sampai menutupi keseluruhan lubang, tujuannya agar jarum regulator bisa menekan jarum tabung gas sehingga gasnya bisa keluar.

  • Jarum Regulatornya yang sudah tidak normal
Solusi masalah: 
Untuk sementara bisa diganjal seperti kasus diatas sebelum beli regulator yang baru.

3. Regulator tidak pas saat dipasang, gasnya keluar dari arah samping (bocor), hal ini biasanya karetnya yang bermasalah

Solusi masalah:
Ganti karet yang lain, cari yang pas atau
Perban bagian leher regulator, tujuannya agar kencang, biasanya plastik sangat efektif dipakai perban.

Atau bisa juga dengan melipat karet (karet ikat nasi) lipat 3 kali lalu masukkan tepi jarum regulator bagian dalam.

Semoga bermanfaat
Pena Santri
Pena Santri Penulis lepas

Berlangganan via Email