Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengobati kencing manis secara alami

Kencing manis atau diabetes adalah suatu penyakit yang disebabkan terlalu banyak kadar gula dalam darah seseorang (glukosa darah tinggi). Diabetes termasuk kategori jenis penyakit kronis yaitu penyakit yang diperkirakan akan terus meningkat.


Seseorang disebut pengidap penyakit kencing manis (diabetes) jika gula darah mencapai 200 mg/dl atau lebih. Sedangkan kadar gula 140-199 mg/dl di sebut prediabetes, pada kondisi prediabetes ini seharusnya seseorang menjaga pola makan dan merubah gaya hidup karena tentu mencegah lebih baik daripada mengobati.

Dibawah ini hal-hal yang harus dihindari untuk mencegah/meminimalisir diabetes, mungkin tidak lengkap anda bisa menambahkannya sendiri. Intinya makanan dan minuman yang mengandung glukosa baik yang alami maupun yang olahan
  1. Setiap makanan dan minuman yang dicampur pemanis, ini sangat banyak sekali tidak perlu penulis sebutkan
  2. Nasi putih
  3. Madu
  4. Buah-buahan yang manis seperti:
  • Nanas
  • Apel 
  • Pisang
  • Delima
  • Mangga
  • Anggur
  • Leci
Untuk nomor 1 harus benar-benar dihindari, sedangkan nasi putih dan buah-buahan tidak harus di hindari tapi dikontrol, memang benar nasi dan buah-buahan mengandung glukosa alami yang tidak secepat itu bisa menaikkan gula darah, tapi apa salahnya berhati-hati apalagi disaat gula darah kita sudah benar-benar tinggi, penanganannya juga harus ekstra hati-hati.

Kebiasaan orang awam, orang-orang pedesaan khususnya yang hidupnya pas-pasan seperti penulis misalnya, biasanya mereka tidak peduli dengan kesehatan, tiba-tiba badan rasanya gak karu-karuan bahkan terkadang sampai pingsan dan ketika dibawa ke klinik atau puskesmas tau-tau kadar gulanya 300-400 bahkan ada yang sampai 500.

Lalu bagaimana jika terlanjur gula darah terlalu tinggi seperti itu..?

Berikut adalah resep obat kencing manis:

  1. Pupus daun salam (daun salam yang masih muda)
  2. Siapkan gelas 
  3. Air hangat (bukan air panas)
Caranya: pupus daun salam yang masih muda tersebut diremat-remat lalu di taruh dalam gelas Kemudian tuangkan/kucurkan air hangat dalam gelas, tunggu sebentar agar mengendap, setelah itu baru airnya diminum, minumnya harus rutin 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

Perlu diperhatikan: 

  • daun salam disini adalah daun salam yang muda, itupun yang diambil hanya pupusnya.
  • Diremat: diremat pake tangan, artinya daun salam dibuat kusut, bukan hancur, juga tidak lembut.
  • Airnya air hangat: bukan air dingin ataupun air panas apalagi direbus.

Ini perlu kami sampaikan, mengingat banyak kabar yang beredar baik dari artikel ataupun dari mulut ke mulut yang hanya menyebutkan daun salam, ada yang pakai cara di rebus ada yang dipakai seperti teh dan lain sebagainya.

Proses ekstraksi yang tidak tepat bisa jadi zat yang kita perlukan tidak keluar malah justru zat lain atau zat yang kita butuhkan yang keluar namun tidak maksimal.

Kadar gula harus sering-sering dicek mengingat penyakit diabetes pada umumnya terjadi tanpa gejala. Juga guna memantau perkembangan kadar gula saat/setelah mengkonsumsi obat-obatan.

Untuk mengetahui kadar gula darah kita bisa cek kedokter, klinik, puskesmas, apotik dan layanan kesehatan lainnya, bahkan sekarang kita bisa cek gula darah sendiri dengan bermodalkan alat cek gula darah yang dijual di toko-toko perlengkapan kesehatan.
Pena Santri
Pena Santri Penulis lepas

Berlangganan via Email